Anda belum login :: 03 May 2025 13:18 WIB
Detail
BukuKesantunan Berbahasa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar
Bibliografi
Author: Immanes, Maria Theresia Divine Mercy ; Rahmawati, Magdalena Chori (Advisor)
Topik: Kesantunan; Berbahasa; Bahasa Indonesia
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Bahasa yang digunakan dalam dunia pendidikan haruslah menjunjung tinggi kesantunan
sehingga dapat dijadikan tolak ukur untuk lingkungan sekitarnya seperti keluarga dan
masyarakat. Semakin berkembangnya sebuah budaya, semakin banyak anak yang kurang
santun dalam bertutur mengakibatkan penyampaian bahasa pada kesantunan berbahasa
Indonesia mulai pudar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan
berbahasa siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
jenis kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Wali Kelas V, orangtua
dan siswa Kelas V. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian siswa sudah
memiliki kesantunan berbahasa sesuai dengan bentuk dan prinsip kesantunan berbahasa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)