Suatu perusahaan dalam melakukan kegiatan bisnis, sering kali mengembangkan usaha melalui anak perusahaan, yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dan memasuki pasar yang belum tersentuh oleh perusahaan. Dalam mencapai tujuan tersebut, perusahaan dapat memilih cara memperbanyak anak perusahaan baik dari jumlah anak perusahaan hingga bidang bisnis anak perusahaan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis peran anak perusahaan terhadap induk perusahaan, melalui jumlah anak perusahaan, jumlah bidang bisnis anak perusahaan, dan jumlah sales anak perusahaan terhadap kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan peran kepemilikan asing sebagai variabel moderasi. Subjek yang dipakai dalam penelitian ini adalah induk perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, menerbitkan laporan tahunan konsolidasi tahun 2019 dan bergerak di bidang consumer cyclicals. Dari 127 perusahaan sektor consumer cyclicals, sebanyak 53 perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan penulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah anak perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja induk perusahaan. Hasil dari sales anak perusahaan berpengaruh positif signifikan namun jumlah variasi bidang bisnis anak perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja induk perusahaan. Kepemilikan asing dalam penelitian ini tidak dapat berperan sebagai variabel moderasi. |