Anda belum login :: 30 Apr 2025 08:12 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN SOCIAL INFLUENCE DENGAN GAME ITEM PURCHASE INTENTION PADA INDIVIDU YANG MEMAINKAN GAME MULTIPLAYER ONLINE BATTLE ARENA (MOBA) DI JABODETABEK
Bibliografi
Author: Herabadi, Astrid Gisela (Advisor); Wicaksono, Muhammad Aditya
Topik: social influence; game item; purchase intention; MOBA; Jabodetabek
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Globalisasi telah mendorong game online sebagai sebuah alternatif hiburan yang
dapat dinikmati oleh para pengguna internet. Multiplayer online battle arena (MOBA)
merupakan salah satu genre dari game online yang cukup relevan untuk dimainkan
dengan format free to play. Sehingga salah satu revenue stream utama dari pihak
developer adalah dengan menjual berbagai game item. Sebab MOBA merupakan sebuah
permainan kompetitif yang dimainkan secara real time bersama pemain lain, MOBA
sering dimainkan bersama kelompok teman. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa
pengaruh dari teman bermain dapat mendorong individu untuk melakukan pembelian
game item. Meskipun demikian, temuan tersebut hanya fokus pada satu genre yaitu
battle royale. Sehingga belum ada penelitian mengenai hubungan antara social
influence yang muncul dari peer dengan game item purchase intention pada MOBA
sebagai konteksnya. Maka dari itu penelitian ini berfungsi sebagai kajian untuk
memperluas temuan yang sudah ada mengenai topik tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan yang ada antara peer
influence dengan game item purchase intention pada individu yang memainkan game
online bergenre MOBA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif sehingga uji hipotesis dilakukan menggunakan metode statistik korelasional.
Instrumen utama dari penelitian ini adalah sebuah kuesioner yang dapat diakses secara
daring oleh partisipan. Kuesioner terdiri dari alat ukur peer influence dari Niu (2013)
dan alat ukur game item purchase intention dari Park dan Lee (2011) yang telah
diadaptasi. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada komunitas pemain MOBA yang ada
di sosial media dan jumlah sampel yang berhasil didapatkan adalah 444 orang yang
tersebar di domisili Jabodetabek dengan usia di rentang 18 – 25 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan
antara peer influence dengan game item purchase intention pada individu yang
memainkan game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) di Jabodetabek (???? (444)
= .536, p < .01, two tailed). Hasil ini menunjukkan bahwa intensi pembelian game item
akan meningkat seiring dengan peer influence yang diterima oleh individu yang
bermain MOBA. Selain temuan tersebut, hasil korelasi antar dimensi menunjukkan
bahwa satisfaction about game memiliki nilai korelasi yang paling rendah dibanding
dengan dimensi lainnya. Temuan tersebut menunjukkan bahwa seorang pemain MOBA
dapat tetap merasa puas terhadap game yang dimainkan tanpa harus memiliki intensi
untuk membeli sebuah game item.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.0625 second(s)