Pandemi Covoid-19 mengharuskan pembelajaran melalui pertemuan online/ pembelajaran jarak jauh yang membutuhkan “effort” lebih dari guru dan siswa. Siswa dituntut untuk mengikuti pembelajaran dari rumah dengan disiplin dan bertanggung jawab, pada kenyataannya siswa terlambat mengikuti PJJ, tidak tepat waktu mengikuti PJJ, tidak mengerjakan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V selama pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter disiplin sudah baik, terlihat dari ketiga aspek (1) disiplin waktu siswa (2) disiplin perbuatan siswa. Sedangkan tanggung jawab siswa juga sudah terlihat baik, berdasarkan aspek (1) Pemahaman siswa terhadap nilai tanggung jawab (2) unsur tanggung siswa dalam megerjakan tugasnya. Pada aspek pemeliharaan disiplin dan tanggung jawab yang dilakukan guru terlihat bahwa guru melakukan pembiasaan agar siswanya disiplin dan bertanggung jawab mengikuti PJJ. |