Teknologi memengaruhi hampir seluruh lingkup manusia, baik dalam kehidupan sehari-hari, pekerjaan, tidak terkecuali dalam proses pembelajaran. Teknologi juga dapat dikembangkan menjadi sebuah media pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah untuk mempermudah guru dalam penyampaian informasi atau ilmu pengetahuan kepada siswa. Sumber media pembelajaran masih terbatas sehingga guru kesulitan mencari media pembelajaran yang cocok bagi siswa. Salah satu pelajaran yang membutuhkan media pembelajaran adalah matematika. Matematika bersifat abstrak sehingga guru membutuhkan media pembelajaran yang memadai untuk membuat siswa mengerti pelajaran dengan baik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Scratch padaamateri volumeabangun ruangabagi siswaakelas VaSD. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan sebuah media interaktif berbasis game edukatif dengan menerapkan model pengembangan ASSURE. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, dapat disimpulkan bahwa media interaktif yang dikembangkan peneliti mendapat respon yang baik dari siswa karena memiliki tampilan yang menarik dan tidak membosankan karena dapat dimainkan secara mandiri oleh siswa. |