Anda belum login :: 24 Apr 2025 17:55 WIB
Detail
BukuTINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA ANGKATAN 2019 TAHUN AJARAN 2020/2021
Bibliografi
Author: Bianca, Klementine ; Situmorang, Dominikus David Biondi (Advisor)
Topik: Prokrastinasi Akademik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah perilaku penundaan untuk memulai atau menyelesaikan pekerjaan-tugas akademik yang telah diberikan. Prokrastinasi akademik memiliki ciri-ciri, yaitu menunda untuk memulai menyelesaikan tugas kuliah, keterlambatan dalam menyelesaikan tugas kuliah, kesenjangan waktu antara rencana yang ditetapkan dengan perilaku, dan melakukan aktivitas lain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya angkatan 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala penilaian yang diadaptasi dari Setiawan, 2019. Berdasarkan hasil penelitian tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya angkatan 2019 termasuk dalam klasifikasi yang sedang yaitu 81%. Komponen kesenjangan waktu antara rencana dengan realita pengerjaan tugas merupakan komponen yang paling dominan dengan rata-rata skor 99 dari 4 komponen. Saran untuk pembimbing akademik 2019 yaitu diharapkan dapat menyusun program yang dapat meminimalisir perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa, seperti mengadakan program bimbingan dengan pembimbing akademik setiap sebulan sekali untuk mengetahui perkembangan akademik mahasiswa. Saran untuk mahasiswa bimbingan dan konseling yaitu kepada mahasiswa yang memiliki perilaku menunda tugas dengan kategori sedang dan tinggi diharapkan mampu mengurangi atau menghilangkan perilaku menunda tugas. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih meneliti lebih dalam terkait komponen yang paling dominan dari variabel prokrastinasi akademik, yaitu kesenjangan waktu antara rencana dengan realita pengerjaan tugas. Penelitian komponen kesenjangan waktu antara rencana dengan realita pengerjaan tugas diperlukan agar dapat mengetahui penyebab maupun dampak yang diterima oleh mahasiswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)