Sekolah selalu dianggap tempat dalam mendidik siswa sehingga sekolah harus memiliki kreatifitas dan inovatif dalam menyampaikan pembelajaran serta menumbuhkan sikap karakter siswa. Oleh sebab itu sekolah dasar dapat dijadikan suatu wadah untuk menanamkan kedisiplinan sejak usia sekolah dasar, dengan begitu maka siswa dapat disiplin dalam pembelajaran. Oleh sebab itu sekolah dasar dapat dijadikan suatu wadah untuk menanamkan kedisiplinan sejak usia sekolah dasar, dengan begitu maka peserta didik dapat disiplin selama pembelajaran daring dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter disiplin siswa kelas V dalam pembelajaran daring di SD Mahanaim dan SD Marsudirini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan memakai metode yang digunakan yaitu observasi dan wawancara sebagai acuan untuk mendapatkan data. Hasil penelitian menujukkan bahwa karakter disiplin selama pembelajaran daring dilaksanakan pada siswa kelas V SD Mahanaim dan SD Marsudirini sebagian besar sudah menaati dan mengikuti aturan disiplin. Hal ini dapat dilihat dari dua aspek yang berkaitan dengan karakter disiplin, yakni: (1) membiasakan hadir tepat waktu dalam pembelajaran daring, dan (2) membiasakan mematuhi peraturan kelas yang sudah disepakati selama pembelajaran daring, yang kemudia disusun kedalam beberapa indikator. Sebagian besar sikap siswa dalam menaati peraturan disiplin sudah terlihat baik, namun terdapat beberapa siswa yang belum optimal dalam mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin. |