Anda belum login :: 23 Jul 2025 04:54 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Celebrity Worship dan Online Impulsive Buying pada Penggemar K-pop dan K-drama Usia 12-30 Tahun
Bibliografi
Author: Adilah, Jihan ; Prawiro, Ferdinand (Advisor)
Topik: Celebrity Worship; Online Impulsive Buying; Hallyu; Korean Wave; Kpop; Kdrama
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan antara celebrity worship dan online impulsive buying pada penggemar K-pop dan K-drama usia 12-30 tahun. Dalam penelitian ini khususnya pada pembelian merchandise selebriti Korea favorit. Fenomena hallyu atau yang biasa dikenal dengan sebutan Korean Wave sudah tersebar di dunia termasuk Indonesia. Beberapa produk hallyu yang populer seperti K-pop atau K-drama sangat digemari oleh kalangan remaja maupun dewasa. Kegemaran ini dapat mengarah pada celebrity worship. Celebrity worship merupakan hubungan satu arah antara penggemar dan selebriti favoritnya. Hiburan dan rasa senang yang intens membuat hubungan tersebut menjadi salah satu sumber kebahagiaan. Individu dengan dominansi salah satu dimensi celebrity worship yaitu intense personal terkadang tidak bisa mengendalikan keinginannya dan cenderung bersikap impulsive atau materialistik. Hal tersebut bisa menjadi dasar keinginan melakukan online impulsive buying.
Instrumen penelitian ini menggunakan alat ukur Celebrity Attitude Scale (CAS) yang terdiri dari 3 dimensi (Maltby, Day, McCutcheon, Houran, & Ashe, 2006) dengan koefisien reliabilitas Cronbach Alpha 0.917 dan Impulsive Buying Tendency (Verplanken & Herabadi, 2001) dengan koefisien reliabilitas Cronbach Alpha 0.829 yang keduanya telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dan pengumpulan data dilakukan secara online. Target partisipan sebanyak 119 partisipan yang berusia 12-30 tahun, merupakan penggemar K- pop dan K-drama, dan pernah melakukan pembelian merchandise secara online. Penelitian ini dilakukan pada 162 partisipan yang berdistribusi normal dan diuji dengan metode korelasi pearson.
Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara tingkat celebrity worship dengan perilaku online impulsive buying. Hasil uji korelasi pada partisipan ini menunjukkan (r=0.582, sig.=0.000, p<0.05). Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara celebrity worship terhadap online impulsive buying pada penggemar K-pop dan K-drama usia 12-30 tahun. Semakin tinggi tingkat celebrity worship maka semakin tinggi pula perilaku online impulsive buying pada penggemar K-pop dan K-drama. Begitupun sebaliknya, semakin rendah tingkat celebrity worship maka semakin rendah pula perilaku online impulsive buying pada penggemar K-pop dan K- drama.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)