Pola asuh orang tua adalah upaya yang dilakukan orang tua dengan cara mengontrol perilaku anak. Tipe pola asuh menurut Baumrind, dalam Berk 1994 memiliki tiga tipe yaitu Authoritative, Authoritarian, Permissive yang memiliki memiliki pengertian yang berbeda satu sama lainnya. Authoritative (orang tua dan anak memiliki kewajiban yang sama), Authoritarian (bersikap tegas dan cenderung ketat terhadap aturan), dan Permissive (cenderung diberikan kebebasan dalam melakukan segala hal tanpa kendali dari orang tua). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat Persepsi Siswa kelas IV SD terhadap Pola Asuh Orang tua untuk Pembangunan Karakter Tanggung Jawab. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa sekolah dasar kelas IV yang ada di sekolah dasar Fajar Indah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala penilaian untuk mengetahui validitas pernyataan dan reliabilitas instrumen digunakan SPSS versi 25.00 dengan menggunakan teknik skala likert untuk reliabilitas dengan hasil 0,888. Analisis data penelitian digunakan korelasi produk moment Setelah melakukan penelitian, hasil penelitian mengatakan bahwa pola asuh yang paling banyak diterapkan oleh orang tua siswa kelas IV di sekolah dasar fajar indah adalah tipe authoritative dengan hasil persentase 61,4% dan disusul dengan hasil persentase tipe authoritarian 65,1% dan hasil permissive 58,8%. Setelah dilihat dari hasil seluruh persentase, kita dapat memberi saran untuk orang tua bahwa dengan mengenal lebih dalam karakter anak orang tua dapat belajar menyesuaikan pola asuh mana yang cocok untuk diterapkan ke anak dan saran untuk siswa adalah sebagai seorang anak untuk lebih baiknya lebih mematuhi apa yang dikatakan orang tua dan lebih mengerti apa yang menjadi tanggung jawab dirinya. |