Seorang guru harus memiliki efikasi diri yang baik agar dirinya dapat mengambil keputusan yang benar dan tepat bagi siswa dan proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran daring yang dilakukan tanpa adanya tatap muka, diperlukan upaya lebih dalam menjelaskan materi pembelajaran agar siswa tetap terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang diberlakukan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran efikasi diri guru kelas terhadap keterlibatan siswa kelas II dalam proses pembelajaran daring di Tunas Bangsa Christian School. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan wawancara untuk teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan jika peran efikasi diri guru kelas terhadap keterlibatan siswa kelas II dalam pembelajaran daring di Tunas Bangsa Christian School sangat penting, hanya saja guru kelas belum sepenuhnya sadar dengan kemampuan yang dimilikinya. Selama satu tahun menjadi guru kelas untuk kelasnya, guru kelas telah melakukan banyak cara untuk menyelesaikan permasalahan keterlibatan siswa secara profesional. |