Pada keadaan pandemi ini pendidikan disekolah menggunakan metode daring maupun luring tidak hanya memberikan pembelajaran dalam materi dan tugas saja, tetapi memerlukan penanaman perilaku-perilaku baik pada peserta didik agar proses dalam belajar mengajar dapat berjalan dan tercapai sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan. Perilaku disiplin perlu dibiasakan dalam pembelajaran karena akan mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tetapi pada kenyataan masih banyak peserta didik yang belum memiliki prilaku disiplin. Penelitian ini mendeskripsikan nilai perilaku siswa kelas IV dan V selama pembelajaran di sekolah SDN Iwul 03. Subjek penelitian ini siswa kelas IV dan V sebagai subjek primer dan guru kelas IV dan V sebagai subjek sekunder. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan triangulasi sebagai teknis keabsahan. Berdasarkan hasil dari observasi terlihat bahwa siswa sudah melaksanakan nilai-nilai perilaku disiplin dengan baik seperti datang tepat waktu bahkan datang sebelum mulainya pembelajaran, mengumpulkan tugas tepat waktu, mengerjakan tugas secara mandiri, menggunakan pakaian dengan rapi dan sopan, tidak membut gaduh, duduk dengan tertib dan selalu jaga jarak selama pembelajaran. Sedangkan hasil wawancara terhadap guru, guru mengatakan bahwa hampir semua siswa memiliki perilaku disiplin baik, sehingga pembelajaran daring lebih mudah untuk dilaksanakan. |