Anda belum login :: 30 Apr 2025 23:09 WIB
Detail
BukuKreativitas Siswa Kelas 3 SD pada Mata Pelajaran SBdP dalam Pembelajaran Jarak Jauh
Bibliografi
Author: Laraswati, Yolenta Glory ; Rahmawati, M. Chori (Advisor)
Topik: kreativitas; SBdP; seni rupa; pembelajaran jarak jauh
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Kreativitas sangat dibutuhkan di era industri 4.0, ide dan gagasan baru adalah kunci industri. Dunia pendidikan dituntut dapat melahirkan generasi yang kreatif. Kreativitas memuat beberapa aspek, yaitu kelancaran, kelenturan, keaslian, elaborasi, kesabaran dan keuletan, terakhir adalah hasil. Kreativitas akan menghasilkan sesuatu, bisa berupa benda ataupun ide. Pembelajaran saat ini menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh, yang tentu saja mempengaruhi kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dilihat dari kondisi saat pembelajaran dalam kelas dan produk yang dihasilkan siswa kelas 3 SD pada mata pelajaran SBdP bidang seni rupa dengan materi “Teknik Potong Sambung Lipat” saat pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas 3 SD Tarakanita Citra Raya dan guru mata pelajaran SBdP bidang seni rupa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa kelas 3 SD sudah baik dari aspek kelenturan, elaborasi, kesabaran dan keuletan, serta pencapaian hasil siswa. Adapun aspek yang belum memenuhi yaitu kelenturan dan keaslian. Masih terdapat beberapa siswa yang kurang percaya diri dalam bertanya saat proses pembelajaran berlangsung, kemudian keaslian sebagian hasil karya siswa mendapat bantuan dari orangtua, sehingga beberapa hasil karya tidak sepenuhnya siswa kerjakan secara mandiri. Saran yang dapat diberikan adalah diperlukan adanya kegiatan proses pembuatan karya yang dikerjakan secara langsung saat pembelajaran, dan dikumpulkan saat itu juga agar hasil karya yang dibuat berdasarkan hasil karya siswa sendiri.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)