Kepolisian sebagai lembaga negara, tentu saja memiliki divisi humas untuk penyampaian dan mendiseminasi informasi mengenai aktivitas kepolisian kepada masyarakat. Divisi humas Polri memiliki visi terwujudnya postur Humas Polri yang profesional, bermoral dan modern di bidang kehumasan guna membangun objektivitas, kepercayaan dan partisipasi masyarakat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk dapat melihat apakah terdapat pengaruh pesan yang disampaikan divisi humas terhadap tingkat kepercayaan masyarakat pada insitusi. Konsep dalam peneilitian ini adalah teori 7’c of communications dengan indikator kredibilitas, isi, kejelasan, dan channel kemudian juga menggunakan teori tingkat kepercayaan dengan indikator komitmen, ketulusan, kejujuran, kompetensi, dan keadilan. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Perolehan data yang dilakukan oleh peneliti dengan membagikan kuesioner secara daring kepada 100 responden yang berdomisili di DKI Jakarta. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pesan yang disampaikan oleh Polri memberikan pengaruh yang kuat dan positif sebesar 54,1% terhadap tingkat kepercayaan masyarakat. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pesan yang disampaikan terhadap tingkat kepercayaan masyarakat. |