Anda belum login :: 05 Jun 2025 06:59 WIB
Detail
BukuIMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA MATA PELAJARAN PPKN DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI KELAS V-C SDN SEMPER BARAT 11 JAKARTA UTARA
Bibliografi
Author: Patricia, Clarissa Nadya ; Pramudita, Wahyu (Advisor)
Topik: Karakter Disiplin; Ppkn; Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang dilakukan dari jarak jauh dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara online. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dapat dilakukan berbagai macam media atau platform yang sudah ada, seperti Whatsapp, Zoom, Google Meet, Classroom, dan sebagainya. Media yang tersedia dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membantu menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ). Nilai-nilai karakter siswa terlihat dari bagaimana caranya ia bersikap selama di sekolah. Namun selama masa pandemi ini, pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (PJJ). Guru mengamati dan mengontrol siswa belajar dari jauh, melalui bantuan internet. Sehingga karakter siswa terlihat selama ia melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam pendidikan karakter terdapat beberapa nilai-nilai karakter yang harus dikembangkan salah satu di antaranya adalah disiplin. Disiplin adalah sikap untuk mengikuti aturan dan perilakunya dapat diterima di lingkungan sosialnya. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam setiap pembelajaran, salah satunya ialah mata pelajaran PPKn. Pembelajaran PPKn adalah salah satu pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah yang memfokuskan untuk membekali siswa dengan budi pekerti, pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antar sesama warga negara dengan negara, dan berkaitan dengan moral serta perilaku manusia. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian adalah guru dan orang tua siswa kelas V-C di SDN Semper Barat 11 Jakarta Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan sebanyak 2 kali di kelas V-C, wawancara dengan subjek penelitian, studi dokumentasi dan hasil data analisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa implementasi karakter disiplin pada mata pelajaran PPKn selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) kelas V-C di SDN Semper Barat 11 Jakarta Utara dilakukan melalui arahan, pembiasaan atau bimbingan dari guru kelas V-C dan bimbingan orang tua dirumah. Oleh karena itu, peneliti mengharapkan penelitian ini dapat menambah wawasan peneliti selanjutnya tentang implementasi karakter disiplin pada mata pelajaran PPKn dalam pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)