Anda belum login :: 07 Jun 2025 00:58 WIB
Detail
BukuPengembangan Buku Cerita Anak Digital Bergambar Berbasis Nilai Kedisiplinan Bagi Siswa Kelas 3 SD
Bibliografi
Author: Kusumaningrum, Sesilia ; Rahmawati, Magdalena Chori (Advisor)
Topik: Pengembangan; Buku Cerita Anak Bergambar; Pendidikan Karakter
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pengembangan adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk merealisasikan sebuah rancangan yang dapat menghasilkan sebuah produk baru. Salah satu produk yang dapat dihasilkan dalam dunia pendidikan adalah sebuah buku. Pada penelitiannya, peneliti mengembangkan sebuah buku yaitu buku cerita anak bergambar digital. Buku cerita anak bergambar adalah salah satu jenis buku yang memadukan teks cerita dan ilustrasi gambar yang kemudian disusun dengan harmonis sehingga menjadi satu kesatuan dalam buku. Pengembangan buku cerita anak ini mengangkat cerita yang dekat dengan keseharian hidup anak, buku ini juga dilengkapi ilustrasi yang menarik dan berwarna yang dapat menambah daya tarik buku. Tujuan pengembangan buku cerita anak bergambar ini adalah untuk mendukung program pemerintah yakni Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah dengan cara membaca, yang juga termasuk dalam program Gerakan Literasi Sekolah dengan melakukakan kegiatan membaca 15 menit sebelum belajar. Dalam pengembangan yang dilakukan peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE modifikasi dari lima langkah menjadi empat langkah. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan wawancara dan angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Buku yang peneliti kembangkan berjudul “Kisah Adi” telah dilakukan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, dimana dari uji coba skala besar mendapatkan nilai persentase 99% yang memiliki arti buku yang peneliti kembangkan mendapatkan hasil “sangat baik“ dan layak digunakan dalam kegiatan membaca 15 menit sebelum belajar. Buku ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan nilai karakter kediplinan. Setelah membaca buku, guru memberikan pertanyaan refleksi kepada siswa dan secara keseluruhan siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat sesuai dengan jawaban yang diharapkan. Buku cerita anak bergambar digital yang dihasilkan ini kiranya dapat menjadi referensi media yang dapat digunakan guru untuk melaksanakan program penguatan pendidikan karakter di sekolah dengan membaca.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)