Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran dalam jaringan (daring) pada siswa kelas V SD Santa Maria Monica Bekasi. Penelitian dilaksanaan di kelas V Sekolah dasar, objek penelitian adalah peran orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran dalam jaringan (daring) pada siswa kelas V SD Santa Maria Monica. Data yang diperoleh dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Tahap pengumpulan data yang digunakan adalah hasil wawancara dari 3 orang tua murid subyek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan, sebagai berikut (1) Untuk membantu membimbing anak dalam pembelajaran online, (2) apa yang orang tua lakukan ketika anak mengalami materi pembelajaran, (3) apa orang tua mengalami kesulitan ketika anak mengalami kesulitan dalam memahami materi anak pun belum tentu memahaminya, (4) untuk menemani anak ketika proses pembelajaran daring (5) setiap orang tua memberikan motivasi dan pujian untuk anak-anak akan merasa diperhatikan dan dihargai serta motivasi. Selain itu orang tua bercakap-cakap dengan anak, menanyakan dan mendengarkan yang dialami anak selama pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar orang tua dapat membimbing dan memotivasi anak dalam pembelajaran daring. Motivasi yang diberikan orang tua kepada anak, menyebabkan anak merasa senang dan merasa diperhatikan oleh kedua orang tuanya. Selain itu kepada pihak guru dan pihak sekolah agar selalu berkomunikasi dengan orang tua mengenai perkembangan belajar selama pembelajaran daring, sehingga orang tua, guru dan pihak sekolah mendukung anak dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran orang tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran daring dikelas V SD Santa Maria Monica, Bekasi adalah menyediakan fasilitas belajar, memberikan motivasi, mengawasi anak belajar dan membantu mengatasi kesulitan belajar. |