Spaghetti biru merupakan salah satu bisnis yang bergerak dibidang kuliner makanan. Produk ini mendapatkan warna biru dari pewarna alami yaitu bunga telang. Dalam pembuatannya, produk ini menggunakan bahan – bahan yang berkualitas, sehingga mendapatkan citra rasa yang baik. Visi bisnis ini ialah Menciptakan produk yang berkualitas (unggul), unik dan bercitra rasa sehingga dapat menarik minat konsumen (pembeli). Misinya yaitu menjaga kualitas produk terhadap bahan baku yang dipakai, mempertahankan citra rasa dan membuat inovasi produk sesuai dengan kebutuhan pasar. Peluang pasar dari bisnis ini adalah belum banyaknya para pesaing yang menggunakan bunga telang sebagai bagai bahan dasar utama spaghetti, selama pandemic Covid-19 masyarakat cenderung lebih memilih memesan makanan online dan masyarakat memiliki ketertarikan dengan makanan yang jarang dilihat. Strategi pasar memproduksi dengan porsi yang cukup besar dan mempromosikan di media social yang ada. Investasi awal modal kerja dan asset tetap sebesar Rp110.443.007 dan diproyeksikan mendapatkan keuntungan sebesar Rp33.721.200 ditahun pertama dan sebesar Rp133.080.206 ditahun kelima periode 2015 – 2015. Bisnis ini memiliki NPV positif sebesar Rp120.332.205 dan payback periode selama 36.66 bulan |