Media pembelajaran merupakan suatu alat untuk membantu proses pembelajaran serta membantu merangsang pikiran siswa, menarik perhatian siswa. Penggunaan media pembelajaran disekolah dapat mendukung siswa dalam proses kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat mendukung proses kegiatan belajar adalah Virtual Reality, yaitu visualisasi realitas tidak nyata atau maya yang membuat penggunanya masuk kedalam suatu lingkungan yang sedang disimulasikan oleh komputer. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis 3D virtual reality pada materi bangun ruang kelas V SD, dengan menggunakan metode penelitian Research and Developmen (R&D) serta menggunakan model ADDIE yang terdari dari lima langkah tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, lalu evaluasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara dan angket lalu dianalisis menggunakan teknik analisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil angket ahli media dan ahli materi. Berdasarkan validasi dari ahli media dan ahli materi, media pembelajaran berbasis VR sudah layak digunakan. Begitu juga dari hasil uji coba yang dilakukan dengan uji coba satu-satu terjadi peningkatan nilai pada pretest dan post test, serta meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Karena itu melalui pengembangan media pembelajaran berbasis 3D VR ini diharapkan guru dan siswa dapat menggunakan media pembelajaran dalam belajar, serta mengembangkan media pembelajaran berbasis VR lainnya untuk menjadikan pembelajaran di kelas V SD lebih menarik dan menyenangkan serta tercapainya tujuan belajar. |