Negara Indonesia adalah negara berkembang yang sedang giat membangun bangsa dan negaranya untuk mencapai masyarakat yang adil, makmur dan merata baik jasmani maupun rohani. Dasar kemajuan suatu bangsa ditentukan mutu pendidikan dan mental rakyatnya, sehingga pemerintah Indonesia selalu berusaha menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang pendidikan termasuk buku. Pemerintah juga menghimbau rakyatnya untuk mengikuti program wajib belajar dan mencanangkan budaya membaca khususnya bagi anak-anak dan generasi muda. Himbauan pemerintah ini ditanggapi perusahaan penerbitan termasuk PT Granteda Pustaka Utama, yang mendukung usaha pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Gramedia turut mendukung pendidikan dengan menerbitkan dan menyediakan buku-buku bermutu, serta mengadakan berbagai kegiatan promosi yang dapat menimbulkan dan merangsang minat baca khususnya pada anak-anak dan generasi muda. Melihat banyaknya kegiatan promosi yang dilakukan Gramedia, penulis melakukan penelitian di PT Gramedia Pustaka Utama, Jl. Palmerah Selatan No. 22-28, Jakarta. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan bauran promosi yang dilakukan Gramedia dan untuk mengetahui apakah bauran promosi yang dilakukan mempengaruhi tanggapan dan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian. Penulis melakukan analisis terhadap hubungan dua variabel dan menguji hipotesis dengan menggunakan Metode Chi Square Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi yang dilakukan Gramedia mempengaruhi tanggapan dan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian, namun pengaruhnya sangat kecil. Selain promosi perilaku pembelian konsumen juga dipengaruhi mutu produk, harga, dan distribusi. Untuk meningkatkan penjualan produk bukunya, Gramedia sebaiknya lebih memperhatikan mutu produk, kelancaran distribusi, harga, dan mutu kegiatan promosi yang dilakukan yaitu promosi yang dapat menginformasikan, membujuk, dan merangsang minat baca konsumen. |