Anda belum login :: 21 Apr 2025 16:12 WIB
Detail
BukuPengembangan Buku Cerita Bergambar Elektronik Materi Mata Uang untuk Kelas II SD
Bibliografi
Author: Berliani, Stephani Mita ; Budhayanti, Clara Ika Sari (Advisor)
Topik: Buku cerita bergambar; Buku elektronik; Mata uang; Matematika
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Salah satu upaya mewujudkan tuntutan pendidikan dalam rangka memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir yang fleksibel, dalam memecahkan masalah secara kreatif, serta memiliki keterampilan berkolaborasi dan inovatif yang dibutuhkan untuk sukses dalam pekerjaan mau pun kehidupan yaitu melalui pembelajaran matematika yang bertujuan untuk melatih cara bernalar dan berpikir dalam menarik kesimpulan, mengembangkan kegiatan kreatif yang melibatkan imajinasi, rasa ingin tahu, membuat dugaan dan prediksi, mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah dan mengembangkan kemampuan dalam menyampaikan informasi. Pada pembelajaran matematika, siswa bukan hanya belajar berhitung saja namun juga dapat menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penerapan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah belajar tentang nilai mata uang. Materi mata uang sendiri sudah diajarkan kepada siswa sejak kelas II SD. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku cerita bergambar elektronik materi mata untuk kelas II SD. Model pengembangan yang digunakan peneliti adalah model Borg and Gall modifikasi dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah. Buku cerita bergambar ini dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa. Salah satunya terkait dengan pemahaman siswa yang kurang pada materi nilai mata uang dan keterbatasan media yang digunakan oleh guru. Penelitian ini menghasilkan sebuah buku cerita bergambar elektronik materi mata uang yang mudah diakses dan dipahami oleh siswa kelas II SD. Peneliti menyarankan guru agar menggunakan buku cerita bergambar elektronik ini untuk mengenalkan terlebih dahulu tentang mata uang kepada siswa kelas II SD selain itu juga dapat meningkatkan semangat belajar dan rasa ingin tahu.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)