Karakter Disiplin Siswa Kelas 4 Pada Mata Pelajaran Matematika dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SD Strada Dipamarga Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karakter disiplin pada siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika dalam pembelajaran jarak jauh serta mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi karakter disiplin pada siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika dalam pembelajaran jarak jauh di SD Strada Dipamarga. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter disiplin peserta didik kelas IV Strada Dipamarga pada pembelajaran matematika saat pembelajaran jarak jauh sudah terlihat baik. Hal ini dapat dilihat dari dua aspek yang berkaitan dengan karakter disiplin, yaitu: (1) tertib dalam mengikuti pembelajaran selama pembelajaran jarak jauh, dan (2) patuh terhadap tata tertib yang berlaku selama pembelajaran jarak jauh yang kemudian dijabarkan ke dalam beberapa indikator. Faktor-faktor yang mempengaruhi karakter disiplin siswa kelas IV sesuai dengan teori yang diteliti dan ditemukan juga faktor lain seperti adanya keterbatasan perangkat, jaringan yang kurang mendukung dan kelalaian orangtua peserta didik. Berdasarkan penelitian ini, disarankan agar pihak sekolah merancang program pemberian reward bagi siswa guna meningkatkan kedisiplinan siswa. Bagi guru, disarankan agar lebih menekankan nilai-nilai kedisiplinan dalam pembelajaran melalui hal-hal kecil seperti memberikan instruksi dan arahan yang diulang kepada peserta didik untuk melakukan dan mematuhi setiap aturan-aturan yang berlaku. |