Karakter merupakan akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Berkarakter artinya mempunyai kepribadian. Sedangkan disiplin merupakan kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan atau pengendalian. Disiplin bertujuan mengembangkan watak siswa untuk mengendalikan diri agar berperilaku tertib dan efisien. Melihat maraknya berbagai kasus pembullyan yang terjadi di kalangan para siswa baik kalangan sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi, banyaknya kasus korupsi, kericuhan dalam pilkada, hingga terjadinya kekerasan dikalangan pelajar, hal-hal tersebut sangatlah mengarah pada terjadinya penurunan krisis moral dan akhlak. Pendidikan karakter telah menjadi polemik di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Keberhasilan pendidikan karakter di sekolah diperngaruhi oleh visi, misi, dan sarana pengembangan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat karakter displin yang dimiliki oleh siswa kelas 3B di SD Strada Bhakti Nusa. Dalam melaksanakan pendidikan karakter disiplin sekolah mentapkan tata tertib agar siswa memiliki karakter disiplin. Salah satunya SD Strada Bhakti Nusa merupakan salah satu sekolah yang memiliki nilai-nilai karakter dengan salah satunya karakter disiplin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Strada Bhakti Nusa telah melaksanakan pendidikan karakter dalam pembelajaran jarak jauh. Dalam pembelajaran jarak jauh ini para siswa SD Strada Bhakti Nusa khususnya kelas 3B telah mamatuhi peraturan tata tertib sehingga dapat dikatakan bahwa siswa kelas 3B memiliki karakter disiplin. |