Disiplin merupakan keadaan yang ditujukan dengan menghargai waktu, patuh terhadap aturan, tertib dan menaati berbagai kesepakatan atau aturan-aturan yang telah ditetapkan bersama untuk kepentingan bersama secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter disiplin dalam proses pembelajaran daring di kelas 5 SDS Strada Nawar berdasarkan pada indikator disiplin. Subjek penelitian ini adalah 12 siswa SD Strada Nawar kelas 5 dan wali kelas kelas 5. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 5A SDS Strada Nawar sudah mengimplementasikan karakter disiplin yaitu (1) mengerjakan tugas yang diberikan, (2) menegur teman dengan bahasa yang baik dan sopan, (3) mengikuti pembelajaran sampai selesai, (4) mengikuti kelas tepat waktu, (5) dan saling menghargai teman. |