PT Mitra Lestari Motorindo (Mitra 2000) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang spare part motor dan sudah berdiri di Indonesia selama 20 tahun. Budaya organisasi yang diterapkan oleh PT Mitra Lestari Motorindo (Mitra 2000) adalah Mutu, Inovasi, Terpercaya, Ramah, dan Ahli (MITRA) serta I Care, K3, 5R, Update, dan Upgrade, yang diterapkan di setiap divisinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran budaya organisasi dalam membangun loyalitas karyawan PT Mitra Lestari Motorindo (Mitra 2000). Teori yang menjadi acuan adalah teori Komunikasi Organisasi, Budaya Organisasi, dan Loyalitas Karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran budaya organisasi mampu membangun loyalitas karyawan dengan adanya budaya Mutu, Inovasi, Terpercaya, Ramah, dan Ahli (MITRA) yang diterapkan oleh seluruh karyawan. Selain itu, PT Mitra Lestari Motorindo (Mitra 2000) juga menerapkan komunikasi organisasi dengan alur komunikasi ke bawah, yaitu penyampaian informasi dari pimpinan kepada staf dan alur komunikasi ke samping, yaitu antar staf. |