PT. Gajah Tunggal Prakarsa adalah sebuah perusahaan yang memproduksi bermacam-macam jenis cat dengan lisensi dari Kansai Paint Co., Ltd. Jepang. Salah satu produknya adalah cat dekoratif atau cat tembok. Perusahaan mempunyai strategi untuk menghadapi persaingan, yaitu strategi bauran promosi yang terdiri dari promosi penjualan dan periklanan. Dari hasil penelitian untuk mengukur efektivitas promosi penjualan dan periklanan dalam meningkatkan penjualan diperoleh persamaan regresi berganda Y=14,0894 + 53,3870X1 + 0,8637X2. Sedangkan analisa koefisien korelasi antara biaya promosi penjualan dan periklanan terhadap penjualan menghasilkan angka sebesar 0,9989 atau mendekati 1 yang berarti ada hubungan yang kuat dan positif. Pengujian hipotesa menunjukkan angka 465,93 yang berarti adanya pengaruh kenaikan/penurunan biaya promosi penjualan dan periklanan terhadap kenaikan/penurunan tingkat penjualan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh promosi penjualan dan periklanan terhadap tingkat penjualan adalah sebesar 99,78% sedangkan sisanya sebesar 0,22% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. |