Perancangan dan perwujudan badan kendaraan hemat energi kategori urban ditujukan untuk membantu Tim Workshop Mesin Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Katolik Atma Jaya (WSM UAJ) dalam mempersiapkan perlombaan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). Salah satu masalah yang kerap dialami saat perlombaan berlangsung terdapat pada komponen badan kendaraan terutama pada struktur badan kendaraan yang menyulitkan pemasangan, bobot kendaraan, ergonomi pengemudi dan keleluasaan mekanik saat hendak melakukan perbaikan. Perancangan badan kendaraan hemat energi dilakukan dengan menggunakan material komposit serat kaca sehingga Tim WSM UAJ mendapat keuntungan dari bobot akhir badan kendaraan yang ringan. Tahapan perancangan meliputi proses desain, pengujian aerodinamika, proses produksi, dan evaluasi geometri. Hasil perancangan badan kendaraan hemat energi dapat dilepas pasang dengan mudah, memiliki bobot akhir 42 kg, dan koefisien hambat 0,2995 |