Anda belum login :: 10 Jun 2025 08:10 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram terhadapTingkat Kepercayaan Diri Mahasiswa Preklinik FKIK Unika Atma Jaya
Bibliografi
Author:
Suryani, Eva
(Advisor);
Sekarlangit, Maria Christina
;
Ridjab, Denio Adrianus
(Advisor)
Topik:
Instagram
;
intensitas penggunaan
;
kepercayaan diri
;
media sosial
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2021
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Maria Christina Sekarlangit_LembarAdministrasi.pdf
(102.09KB;
11 download
)
(FIX)MariaChristinaSekarlangit_RegKTI_2021.pdf
(235.54KB;
41 download
)
Abstract
Latar belakang. Seiring dengan makin berkembangnya teknologi, media sosial tentu
turut berkembang. Salah satu media sosial yang sedang berkembang pesat di Indonesia
adalah Instagram. Namun dengan perkembangannya yang begitu cepat, masih belum
diketahui dampak yang diberikan oleh media sosial Instagram terhadap penggunanya,
terutama hubungan antara intensitas penggunaan dan pengaruhnya terhadap kesehatan
mental.
Tujuan. Mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial Instagram
terhadap tingkat kepercayaan diri mahasiswa preklinik FKIK Unika Atma Jaya.
Metode. Desain penelitian yang digunakan adalah studi observasional analitik dengan
pendekatan potong lintang yang melibatkan 108 mahasiswa preklinik angkatan 2017,
2018, dan 2019 di FKIK Unika Atma Jaya. Alat ukur yang digunakan adalah
Instagram Intensity Scale Questionnaire (IISQ) dan Rosenberg Self-Esteem Scale
(RSES). Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan IBM SPSS Statistics 22.
Hasil. Dari seluruh responden, sebanyak 45.4% (49 dari 108) responden menggunakan
media sosial Instagram dengan intensitas di atas rata-rata yaitu sebesar 3.01. Terdapat
21.3% (23 dari 108) responden dikategorikan memiliki tingkat kepercayaan diri yang
rendah. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa 30.6% (15 dari 49) responden yang
menggunakan media sosial Instagram di atas rata-rata memiliki tingkat kepercayaan
diri rendah. Intensitas penggunaan media sosial Instagram memiliki hubungan yang
bermakna dengan tingkat kepercayaan diri penggunanya (nilai p=0.031).
Kesimpulan. Terdapat pengaruh dari intensitas penggunaan media sosial Instagram
terhadap tingkat kepercayaan diri mahasiswa preklinik FKIK Unika Atma Jaya.
Diperlukan penelitian selanjutnya untuk dapat menelaah masalah ini lebih dalam dan
holistik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)