Anda belum login :: 17 Apr 2025 04:54 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Durasi Bermain Gawai dengan Keadaan Mental Emosional pada Anak Sekolah Dasar Menggunakan Kuesioner SDQ
Bibliografi
Author:
Suryani, Eva
(Advisor);
Astiarani, Yunisa
(Advisor);
Ismail, Angeline Praditama
Topik:
durasi
;
gawai
;
mental
;
emosi
;
anak
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2021
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Angeline Praditama Ismail_LembarAdministrasi.pdf
(255.85KB;
5 download
)
Angeline Praditama Ismail_RegKTI_2020.pdf
(399.95KB;
18 download
)
Abstract
Latar Belakang: Durasi bermain gawai yang berlebihan dapat memengaruhi keadaan mental emosional anak akibat hilangnya waktu dan kesempatan yang seharusnya dapat digunakan anak untuk melakukan hal-hal yang mendukung kesehatan mental.
Tujuan: Mengetahui adanya hubungan durasi bermain gawai dengan keadaan mental emosional yang diukur menggunakan SDQ pada anak sekolah dasar.
Metode: Penelitian ini dilakukan secara potong lintang dan melibatkan 103 siswa kelas V dan VI salah satu sekolah dasar di Tangerang Selatan. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner seputar kebiasaan penggunaan gawai dan Kuesioner Kekuatan dan Kesulitan pada Anak (Strength and Difficulties Questionaire / SDQ). Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan chi-square
Hasil: Sebagian besar siswa memiliki skor mental emosional yang normal berdasarkan kriteria SDQ (67.3%) dan menggunakan gawai selama kurang dari 5 jam per minggu (40.8%). Uji chi-square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan bermakna antara durasi bermain gawai dengan keadaan mental emosional anak (P>0.05), namun dengan uji ANOVA dan post hoc ditemukan adanya peningkatan skor total kesulitan jika durasi bermain gawai semakin lama.
Kesimpulan: Secara statistik tidak dapat dibuktikan adanya hubungan bermakna antara durasi bermain gawai dengan keadaan mental emosional anak, namun terdapat peningkatan skor total kesulitan jika durasi bermain gawai semakin lama.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)