JNE dan J&T merupakan contoh perusahaan jasa pengiriman barang yang menjadi pilihan dalam marketplace. Untuk mampu bersaing kedua perusahaan ini baik JNE maupun J&T memerlukan strategi pemasaran yang terbaik sehingga bisa memenangkan persaingan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisa strategi pemasaran dari kedua perusahaan tersebut adalah dengan game theory. Game theory merupakan suatu metode yang digunakan untuk menentukan strategi yang akan dibangun dengan menggunakan pendekatan matematis sehingga dapat menghasilkan keputusan yang rasional yang menguntungkan setiap pemain yang tergabung di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan strategi pemasaran yang tebaik dari kedua perusahaan jasa pengiriman barang dengan menggunakan game theory. Berdasarkan uji korelasi Spearman ketiga variabel strategi pemasaran (Produk, Tempat, Promosi) berpengaruh terhadap variabel minat konsumen sedangkan variabel tempat tidak memiliki hubungan terhadap variabel minat konsumen. Melalui metode Game Theory didapatkan Hasil dari pengolahan dengan Game Theory pada 150 responden menunjukan JNE akan memperoleh keuntungan sebesar 18,4 orang yang akan lebih memilih JNE begitu juga sebaliknya terhadap J&T dengan strategi terbaik untuk JNE yaitu strategi produk dan strategi harga, sedangkan untuk J&T adalah strategi harga dan strategi promosi. |