Penelitian ini diharapkan dapat membantu lulusan baru dari SMA dan SMK untuk menemukan kriteria karir yang akan dijalani setelah selesai studi, peneliti memilih pada jenjang SMA dan SMK tingkat akhir ini karena pada saat peniliti magang disalah satu perusahaan, peneliti banyak menemukan para pencari kerja yang khususnya dari jenjang lulusan SMA dan SMK yang belum memliki skill dan kompetensi yang sesuai pekerjaan yang dilamarnya, terlebih dimasa pandemic covid-19 ini yang banyak memberikan dampak kepada banyak pekerja khususnya lulusan SMA dan SMK yang mendapat pemutusan hubungan kerja. Penelitian dilakukan di Kota Jakarta untuk memperoleh sampel yang lebih banyak dan dapat dijangkau oleh peneliti. Hal ini juga tentunya akan menekan angka tamatan yang tidak bekerja karena belum menemukan jenis pekerjaan yang sesuai dan relevan dengan bakat dan minatnya, serta diharapkan dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi saat ini dengan cara berusaha meningkatkan skil dan kompetensi yang diperlukan didalam dunia kerja saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi dan dukungan keluarga merupakan prediktor adaptabilitas karir. Subyek pada penelitian ini merupakan siswa SMA dan SMK di DKI Jakarta tingkat akhir dengan jumlah 100 sampel dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel convenience sampling. Penelitian ini menggunakan tiga skala alat ukur, yaitu: motivasi, dukungan keluarga dan adaptabilitas karir. Hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan reggression menunjukan bahwa motivasi dan dukungan keluarga merupakan prediktor dari adaptabiitas karir dengan R square = 0,099 dan p = 0,007 < 0,05. Kontribusi dukungan keluarga terhadap adaptabilitas karir sebanyak 5,3% dengan hasil R square = 0,053. Kontribusi motivasi terhadap adaptabilitas kerja sebanyak 4,6% dengan hasil R square = 0,046. Hasil analisis tambahan dengan menggunakan independent t-test menunjukkan bahwa secara umum tidak ada perbedaan adaptabilitas karir secara signifikan antara siswa laki-laki dan peremumpuan, serta antara siswa SMA dan SMK di Provinsi DKI Jakarta. Adanya motivasi eksternal dan dukungan keluarga yang dapat menjadi prediktor terhadap adaptabilitas karir siswa SMA dan SMK di DKI Jakarta, dimana siswa yang memiliki motivasi eksternal dan dukungan keluarga akan memiliki perencanaan karir yang matang, berusaha belajar dengan sungguh-sungguh, bertanggung jawab dalam karirnya, serta dapat memecahkan masalah ketika menghadapi hambatan dan rintangan. Siswa yang ingin merencanakan karir yang baik untuk kedepannya, maka diperlukan adanya suatu informasi jelas untuk mengetahui suatu pemahaman serta pengetahuan tentang minat, bakat dan kemampuan yang dimilikinya, juga gambaran mengenai berbagai jenis karir sehingga mengetahui apa saja yang dapat digunakan sebagai modal dasar untuk bekal mencapai cita-citanya. |