Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile merupakan salah satu game berbasis online yang tengah populer pada era ini. Dengan kepopulerannya tersebut, PUBG Mobile telah meraup banyak sekali keuntungan dari pembelian yang dilakukan di dalam game. Meskipun pemain hanya mendapatkan berbagai barang atau item yang bersifat virtual, namun tidak sedikit pemain yang rela mengeluarkan uang untuk melakukan pembelian. Pembelian item tersebut hanya dapat dilakukan dengan menggunakan mata uang yang ada didalam PUBG Mobile yaitu Unknown Cash (UC). Dan sebagian besar keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan berasal dari pembelian-pembelian yang dilakukan oleh pemain. Keuntungan tersebut tidak didapatkan secara instan, namun diimbangi dengan segala upaya PUBG Mobile untuk membuat pemain tertarik dengan berbagai produk yang ditawarkan seperti dengan adanya item yang bersifat langka, adanya diskon, promo berjangka, hingga berbagai event yang diselenggarakan PUBG Mobile. Penelitian ini memilki tujuan untuk mengetahui pengaruh event marketing yaitu event Lucky Spin yang dilakukan PUBG Mobile terhadap keputusan pembelian UC. Dengan menggunakan indikator Entetainment, Excitement, dan Enterprise untuk mengukur event marketing dan model AIDA sebagai indikator keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan menyebarkan ke 96 pemain PUBG Mobile yang memenuhi syarat. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, diketahui bahwa event marketing yaitu event Lucky Spin memberikan pengaruh sebesar 65,4% terhadap keputusan pembelian UC pada PUBG Mobile. Dengan begitu diharapkan PUBG Mobile terus mempertahankan dan meningkatkan event Lucky Spin sebagai salah satu daya tarik pemain untuk melakukan pembelian UC. |