Kemampuan merupakan suatu yang dipelajari, yang memungkinkan seseorang melakukan sesuatu dengan baik, yang bersifat intelektual atau mental maupun fisik. Kemampuan pengelolaan kelas bagi seorang guru sangat penting dalam mengajar sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efesien. Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur peserta didik dan sarana pengajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru sekolah dasar dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik kelas III SD. Penelitian kualitatif dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik oleh guru secara umum sudah dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan indikator observasi dan wawancara, seperti guru dapat menciptakan suasana kelas dengan baik. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan kepada sekolah supaya mendukung dan memberikan pelatihan kepada guru mengenai cara kemampuan guru pada pembelajaran jarak jauh. Selain itu guru juga diharapkan lebih professional untuk meningkatkan model dan metode mengajar yang baik sehingga terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan. |