Pada suatu iklan kampanye, pesan menjadi aspek penting dalam menunjang keberhasilan suatu iklan. Suatu pesan kampanye yang dikemas ke dalam sebuah video iklan akan sangat efektif apabila target sasaran menerima dan menangkap pesan sesuai dengan yang diharapkan oleh pengiklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas video iklan kampanye terhadap persepsi generasi milenial. Video iklan yang diukur adalah iklan “Jokowi Figur Bapak” tahun 2019 yang berasal dari kanal media sosial Youtube KPU RI. Efektivitas iklan diukur menggunakan metode EPIC Model yaitu pengukuran terhadap indikator; empathy, persuasion, impact, dan communication. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear. Perolehan data primer didapatkan dari penyebaran kuesioner terhadap 80 mahasiswa/i Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Hasil perhitungan EPICrate terhadap variabel independen, menunjukkan angka 4,02 yang berarti video iklan kampanye tersebut termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi disimpulkan bahwa video iklan kampanye “Jokowi Figur Bapak” berpengaruh signifikan dan positif terhadap persepsi generasi milenial. |