Anda belum login :: 21 Apr 2025 17:38 WIB
Detail
BukuUSULAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK RENGGINANG (Studi Kasus: Dusun Ponggang Jawa Barat)
Bibliografi
Author: Widawati, Enny (Advisor); Pradana, William
Topik: IFE; EFE; IE; SWOT; QSPM
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: WilliamPradanaUndergraduateThesis.pdf (3.07MB; 20 download)
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada pengusaha produsen yang berada di Dusun Ponggang adalah mereka tidak bisa memasarkan produknya secara luas, para produsen menjual makanannya masih bersifat door to door. Padahal usaha makanan ringan bisa dijadikan pendapatan ekonomi tetap untuk masyarakat Dusun Ponggang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal pengusaha yang menjadikan kekuatan dan kelemahan, serta faktor eksternal pengusaha yang bisa dijadikan peluang dan ancaman. Hasil identifikasi faktor internal dan eksternal yang didapatkan dari observasi dan studi literatur yang ada, maka dibentuklah susunan alternatif – alternatif strategi baru yang nantinya bisa diaplikasikan bagi si pengusaha. Strategi merupakan suatu cara untuk membantu organisasi dalam mencapai tujuan yang dicapai organisasi tersebut. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah IFE, EFE, SWOT dan QSPM. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner. Pada pembobotan data setiap faktor internal eksternal dilakukan dengan menggunakan software Expert Choice 11. Kemudian hasil penelitian menunjukkan dengan hasil analisis SWOT mengenai strategi – strategi alternatif yang dibuat dari faktor internal eksternal yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian pemilihan prioritas strategi – strategi alternatif dilakukan dengan menggunakan metode QSPM. Pada metode QSPM kita dapat mengetahui prioritas strategi yang akan digunakan bagi si pengusaha tersebut. Strategi yang terpilih adalah melakukan promosi dengan cara memanfaatkan media sosial agar produk bisa lebih dikenal masyarakat dan mengetahui ciri khas produk tersebut dengan nilai total TAS (Total Attractiveness Score) sebesar 5,66.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)