Anda belum login :: 19 Apr 2025 19:44 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Usulan Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Produk Semen Mortar Utama (MU) Berdasarkan Analisis Ekuitas Merek
Oleh:
Bachtiar, Marsellinus
;
PUTRA, YOGI ADITYA
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Prosiding Seminar Nasional Riset & Teknologi Terapan (Ritektra) "Teknologi Terapan dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Industri Nasional", Jakarta 16 - 17 Juni 2010 : Fakultas Teknik Industri
,
page 121-128.
Topik:
Brand Equity
;
Analisa SWOT
;
Strategi Komunikasi Pemasaran
Fulltext:
TI-15(~1.PDF
(858.62KB)
Isi artikel
Pada saat sekarang ini sudah banyak perusahaan yang memproduksi semen baik semen instan maupun semen konvensional Persaingan yang ketat ini sangatlah erat hubungannya dengan persaingan merek. Salah satu prusahaan semen instan adalah semen Mortar Utama (MU) yang diproduksi oleh PT. Cipta Mortar Utama. Semen MU dapat dikatakan sebagai merek semen instan yang cukup terkenal dibandingkan dengan semen instan lainnya namun kondisi tersebut masih kalah bersaing dengan semen konvensional lainnya. Oleh sebab itu PT. Cipta Mortar Utama ingin mengetahui posisi brand equity serta perumusan strategi promosi dalam bentuk strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk. Berdasarkan dari permasalahan tersebut maka dilakukan sebuah tujuan penelitian dengan mengidentifikasikan posisi brand equity produk semen Mortar Utama (MU) dalam 4 kategori, antara lain yaitu brand awareness, perceived quality, brand association and brand loyalty. Dengan hasil yang didapatkan pada identifikasi tersebut maka selanjutnya dilakukan perumusan usulan strategi promosi dalam bentuk strategi komunikasi pemasaran. Hasil dari pengolahan data didapatkan bahwa kesadaran masyarakat mengenai semen MU masih tergolong rendah dengan tidak dapat bersaing dengan 3 merek semen besar konvensional yang termasuk dalam top of mind. Dengan kesan kualitas sebagai produk yang memiliki harga yang sesuai dengan kualitas serta memiliki image sebagai produk yang memiliki hasil kekuatan dan waktu kekeringan yang baik maka wajar jika banyak reponden yang cukup loyal terhadap merek semen Mortar Utama. Dari hasil analisa SWOT didapatkan analisa mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada serta dapat dilakukan strategi-strategi SWOT. Setelah dilakukan analisa maka dapat diketahui bahwa strategi yang dapat difokuskan adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai semen MU. Strategi komunikasi yang dapat dilakukan adalah dengan mengiklankan semen MU di media televisi dengan menyampaikan keunggulan produk yang dapat diperankan oleh artis terkenal dengan image yang baik serta mengasosiasikannya dengan klub sepak bola Manchester United atau bus Transjakarta. Selain itu juga dapat dilakukan dengan mendekati tiap toko bangunan dan mencoba masuk ke tempat pengumpulan massa besar seperti acara 17 agustusan, dsb.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)