Anda belum login :: 04 Jul 2025 20:43 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Komunikasi Interpersonal pada Anak dengan Gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)
Bibliografi
Author:
Gunawan, Lisa
;
Nugroho, G. Bambang
(Advisor)
Topik:
ADHD
;
Komunikasi Interpersonal
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Unika Atma Jaya
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Lisa Gunawan_Undergraduate Theses_2020.pdf
(1.58MB;
19 download
)
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH - LISA GUNAWAN 2016034019.pdf
(236.87KB;
4 download
)
Abstract
Komunikasi interpersonal anak dengan gangguan ADHD menjadi sangat terbatas karena adanya hambatan dalam proses berpikir sehingga anak sulit mengintegrasikan audio dan visual serta berpikir mengenai orang / manusia lain. Kesulitan dalam berpikir ini yang akhirnya membuat anak dengan gangguan ADHD menjadi terbatas dalam melakukan komunikasi interpersonal dengan orang lain. Tiga ciri utama anak dengan gangguan ADHD adalah kesulitan dalam pemusatan perhatian, impulsivitas dan hiperaktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal yang terjadi pada anak dengan gangguan ADHD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kepustakaan. Studi kepustakaan ini mengumpulkan berbagai teori sebagai data yang bersumber dari buku-buku yang berkaitan dengan ADHD serta jurnal-jurnal hasil penelitian sebelumnya tentang ADHD dan hambatan komunikasi interpersonal yang dirangkum dalam sebuah kartu data. Teknik analisis data bersifat induktif yaitu menganalisis semua data yang diperoleh, dikembangkan dan dibuat kesimpulan. Hasil yang didapat dari studi ini adalah bahwa anak dengan gangguan ADHD yang mengalami hambatan komunikasi interpersonal yang berasal dari karakteristik gangguan tersebut bukan karena keterlambatan bahasa atau pengalaman traumatis. Oleh sebab itu, peran orangtua dan guru dalam mendampingi anak dengan gangguan ADHD adalah sebagai pendidik di rumah dan di sekolah yang mendampingi anak mengembangkan komunikasi interpersonalnya. Orangtua dan guru perlu membantu anak menggali potensi yang dimiliki sehingga anak termotivasi mengembangkan kemampuan yang dimilikinya bukan melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukannya. Sistem pendidikan yang tepat bagi anak dengan gangguan ADHD dapat dilihat dari karakteristik kebutuhan masing-masing anak dan gangguan penyerta lain yang mungkin dimiliki anak.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.125 second(s)