Anda belum login :: 04 Jun 2025 12:45 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan antara Efikasi Diri dan Prokrastinasi Akademis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Parung Panjang
Bibliografi
Author:
Puspitasari, Anastasia Dewi
;
Sudarnoto, Laura. F.N.
(Advisor)
Topik:
Prokrastinasi akademis
;
Efikasi Diri.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia A
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Anastasia Dewi Puspitasari_Undergraduate Thesis_2020.pdf.pdf
(1.91MB;
35 download
)
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIK-dikonversi.pdf
(141.44KB;
10 download
)
Salinan Karya Ilmiah-Anastasia Dewi Puspitasari.pdf
(297.96KB;
8 download
)
Abstract
Salah satu kegiatan dalam proses belajar berupa pemberian tugas akademis dari guru yang harus diselesaikan oleh siswa dengan batas waktu tertentu. Proses penyelesaian tugas setiap siswa berbeda, ada yang segera dan tidak segera mengerjakan tugas. Prokrastinasi akademis adalah perilaku yang dilakukan sengaja dan berulang dalam penundaan memulai dan menyelesaikan tugas akademis. Usaha untuk mengurangi prokrastinasi adalah efikasi diri dalam diri siswa. Efikasi diri yaitu keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kondisi efikasi diri dan prokrastinasi akademis serta hubungan antara kedua variabel tersebut. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parung Panjang. Jenis penelitian ini yaitu korelasional. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala penilaian untuk mengukur variabel prokrastinasi akademis dan variabel efikasi diri. Berdasarkan hasil uji coba instrumen prokrastinasi akademis diperoleh 30 pernyataan valid dari 42 pernyataan dengan reliabilitas instrumen sebesar 0.916. Instrumen efikasi diri memiliki 35 pernyataan valid dari 42 pernyataan dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,956. Besarnya korelasi antara prokrastinasi akademis dengan efikasi diri sebesar -0,377 dengan taraf signifikan sebesar 0.000. Hasil taraf signifikan penelitian ini (p= 0.000) lebih kecil dari taraf signifikan yang telah ditentukan peneliti (p < 0.05). Hal ini menyatakan ada hubungan yang negatif dan signifikan antara efikasi diri dan prokrastinasi akademis pada siswa SMP Negeri 1 Parung Panjang. Variabel efikasi diri memberikan sumbangan pada variabel prokrastinasi akademis sebesar 14%. Semakin tinggi efikasi diri, maka semakin rendah prokrastinasi akademis. Sebaliknya, semakin rendah efikasi diri maka semakin tinggi prokrastinasi akademis. Peneliti memberikan saran kepada guru Guru BK SMP Negeri 1 Parung Panjang agar mengupayakan kegiatan bimbingan berupaya melakukan bimbingan yaitu memberikan kegiatan yang sifatnya individual sehingga siswa dapat mengembangkan ide berdasarkan hasil keputusannya sendiri Saran kepada guru mata pelajaran kelas VIII SMP Negeri 1 Parung Panjang diharapkan dapat memberikan reward pada siswa, apabila siswa tersebut berani mencoba melibatkan diri dalam proses belajar tanpa ada pengaruh dari orang lain.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)