Anda belum login :: 30 Apr 2025 13:48 WIB
Detail
BukuGambaran Celebrity Worship dan Ego Identity Penggemar Korean Pop (K-Pop) Usia Emerging Adult di JABODETABEK
Bibliografi
Author: Rossalia, Nanda (Advisor); Junita, Dian
Topik: celebrity worship; ego identity; k-pop; penggemar; emerging adulthood
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Dian Junita_Undergraduate Thesis_2020.pdf (1.09MB; 103 download)
Abstract
Popularitas K-Pop di Indonesia tidak terlepas dari banyaknya penggemar yang tertarik pada keunikan industri K-Pop, terutama di daerah JABODETABEK sebagai pusat industri dan hubungan internasional Indonesia. Kecenderungan dalam berperilaku menggemari idola yang didasari oleh konsep arbsorption dan addiction disebut sebagai celebrity worship. Intensitas celebrity worship terlihat dari tiga dimensi yaitu entertainment-social, intense-personal, dan borderline-pathological. Celebrity worship dapat dilakukan di dalam komunitas (fandom) maupun secara individual. Celebrity worship dan perkembangan ego identity seseorang pada umumnya dimulai pada masa remaja dan terus berlanjut hingga dewasa. Terdapat empat status perkembangan ego identity berdasarkan Marcia yaitu identity diffusion, identity foreclosure, identity moratorium dan identity achievement. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran celebrity worship dan ego identity penggemar K-Pop berusia emerging adult berdomisili di JABODETABEK. Metode penelitian ini adalah adalah kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel 197 partisipan yang diambil dengan metode non-probability sampling dengan teknik convenience sampling. Karakteristik partisipan penelitian adalah berusia 18 sampai 25 tahun (M=20.96; SD=2.95), mengakui diri sebagai penggemar K-Pop dan berdomisili di JABODETABEK. Peneliti menggunakan alat ukur Celebrity Attitude Scale (CAS) diadaptasi oleh Envira (2019) dan Extended Version Objective Measure of Ego Identity Status (EOMEIS II Revision) diadaptasi oleh Yatim (1990). Reliabilitas dari CAS adaptasi Envira (2019) sebesar 0.70-0.88 untuk setiap dimensi celebrity dengan validitas sebesar 0.326-0.773. Reliabilitas dari EOMEIS II Revision sebesar 0.681-0.869 untuk setiap status dengan validitas sebesar 0.243-0.702 untuk setiap status ego identity Hasil analisis deskriptif dari 197 partisipan menunjukkan dimensi yang dominan adalah dimensi intense-personal sebanyak 114 partisipan dan status paling banyak yaitu identity achievement sebanyak 123 partisipan (62.44%). Kemudian dari hasil analisis tambahan, sebagian besar sebanyak 55.28% dari 123 penggemar dengan status identity achievement memiliki kecenderungan dimensi intense personal kategori di atas rata-rata, terdapat perbedaan skor dimensi celebrity worship antara penggemar dalam fandom dan individual, rentang umur penggemar K-Pop dapat memengaruhi kecenderungan penggemar pada dimensi intense-personal dan yang terakhir sebagian besar penggemar yang memiliki status identity achievement berusia 22 sampai 25 tahun dan berada di dalam fandom.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)