Anda belum login :: 11 Sep 2025 17:07 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PERAN SOCIAL COMPARISON SEBAGAI MEDIATOR ANTARA PREDIKSI INTENSITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP SELF-ESTEEM PENGGUNA EMERGING ADULT
Bibliografi
Author:
Adishesa, Made Syanesti
(Advisor);
Nayenggita, Shila Kinnari
Topik:
social comparison
;
self-esteem
;
emerging adulthood
;
Instagram
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
2016-070-308, SHILA KINNARI NAYENGGITA, MADE SYANESTI ADISHESA, M.PSI., PSIKOLOG, PERAN SOCIAL COMPARISON SEBAGAI MEDIATOR ANTARA PREDIKSI INTENSITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP SELF-ESTEEM.pdf
(2.3MB;
48 download
)
Abstract
Kepopuleran Instagram sebagai salah satu social networking sites (SNS) yang berbasis foto dan video tengah meningkat di kalangan emerging adulthood. Terlepas dari ketenarannya, tingginya intensitas penggunaan Instagram terbukti dapat menyebabkan berbagai dampak negatif terhadap kesehatan mental penggunanya, salah satunya self-esteem. Mayoritas pengguna Instagram sering kali menunjukkan aspek terbaik dalam kehidupannya, memberikan banyak kesempatan bagi pengguna untuk melakukan social comparison. Kecenderungan individu untuk melakukan social comparison dengan mudah difasilitasi oleh Instagram yang telah mengubah hubungan sosial yang privat menjadi publik, di mana pengguna dapat membandingkan diri sendiri dengan orang lain melalui jumlah pengikut dan like pada profil pengguna Instagram. Intensitas penggunaan Instagram yang tinggi akan mengekspos individu pada informasi social comparison yang terus berdatangan. Melihat tingginya intensitas penggunaan Instagram pada individu di tahap emerging adulthood, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak dari informasi social comparison pada prediksi intensitas penggunaan Instagram terhadap self-esteem pengguna.
Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan teknik uji mediasi melalui program PROCESS yang dikemukakan oleh Hayes. Penelitian dilakukan pada 158 partisipan (25.95% laki-laki dan 74.05% perempuan) dalam rentang usia 18-25 tahun (M = 21.53, SD = 1.21) yang diperoleh melalui teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia, pertanyaan mengenai perilaku social comparison di Instagram, dan rata-rata durasi penggunaan Instagram pengguna dalam bentuk menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upward dan downward social comparison tidak mampu menjadi mediator antara prediksi intensitas penggunaan Instagram terhadap self-esteem pengguna emerging adulthood. Namun, peneliti berhasil menemukan temuan lain yang implikasinya dijelaskan pada subbab diskusi.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)