Anda belum login :: 01 May 2025 09:35 WIB
Detail
BukuGAMBARAN DUKUNGAN SOSIAL IBU DALAM MENDAMPINGI ANAK SPEECH DELAY
Bibliografi
Author: Wirastari, Maria (Advisor); Fergie, Claudia Escrava
Topik: Dukungan Sosial; Ibu; Speech Delay
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: 2014-070-269, Claudia Escrava Fergie, GAMBARAN DUKUNGAN SOSIAL IBU DALAM MENDAMPINGI ANAK SPEECH DELAY , 24 Agustus 2020.pdf (456.41KB; 26 download)
Abstract
Kondisi di mana anak usia dini yang mengalami keterlambatan proses berbicara disebut dengan speech delay atau keterlambatan bicara. Penanganan utama speech delay yang dapat diberikan orang tua adalah pemberian stimulasi. Peran aktif orang tua dalam menstimulasi anak sangat menentukan kemampuan berbicara anak dan dapat disebut sebagai dukungan sosial dari keluarga. Menurut House terdapat empat aspek dukungan sosial yaitu instrumental, informasi, emosional dan penghargaan. Dukungan sosial memiliki peran untuk perbaikan perkembangan atau psikologis pada anak. Ibu yang merupakan salah satu anggota keluarga memiliki peran dalam mendampingi pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini untuk menggali dukungan sosial yang diberikan ibu terhadap keberhasilan perkembangan bahasa dan bicara anak speech delay hingga kemampuannya setara dengan anak seusianya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara kepada tiga orang ibu yang memiliki anak speech delay, yang sudah dinyatakan berhasil mencapai perkembangan bicara dan bahasa maksimal satu tahun yang lalu, serta tinggal di Jabodetabek. Kredibilitas data yang peneliti lakukan dengan melakukan wawancara triangulasi kepada significant other, namun tidak adanya data triangulasi dari salah satu partisipan menjadi keterbatasan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ibu memiliki kontribusi dalam memberikan dukungan selama mendampingi anak speech delay. Pada dukungan instrumental, ibu memberikan sarana dan meluangkan waktu secara penuh. Pada dukungan informasi ibu memberikan penerapan bahasa tubuh, kontak fisik, serta proses observasi dan modelling. Ibu juga memberikan kasih sayang, waktu dan ruang untuk melakukan aktivitas mandiri kepada anak sebagai bentuk dukungan emosional. Anak speech delay pun tetap diberikan apresiasi maupun hukuman oleh ibu seperti anak pada umumnya. Tidak hanya itu, penelitian ini menemukan bahwa emosi yang dirasakan ibu selama mendampingi anak speech delay perlu diungkapkan kepada orang lain. Saran bagi penelitian selanjutnya untuk menerapkan kontrol berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi dukungan sosial dan perkembangan bahasa dan bicara anak.
Related courses
PDU 500 - SKRIPSI (Bacaan Anjuran)
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)