Anda belum login :: 23 Jul 2025 04:05 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penggunaan Media Pembelajaran Jam Analog dan Jam Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengukuran Waktu Peserta Didik Kelas II A SD Strada Bina Mulia I Jakarta Barat
Bibliografi
Author:
Gautama, Bodhi Dhamma
;
Revina, Shintia
(Advisor)
Topik:
Media pembelajaran
;
pemahaman konsep pengukuran waktu
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Bodhi Dhamma Gautama_Undergraduate Theses_2020.pdf
(5.73MB;
13 download
)
BODHI DHAMMA GAUTAMA-2014035039 PERPUS (1).pdf
(231.59KB;
0 download
)
Abstract
Peserta didik usia sekolah dasar sering kali merasa kesulitan dalam memahami proses belajar matematika yang bersifat abstrak. Maka peran guru dalam menggunakan strategi, metode dan media pembelajaran diperlukan. Penggunaan media yang mendukung dalam pembelajaran digunakan untuk membantu peserta didik dalam memahami dan mengingat suatu pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika. Pada pembelajaran pengukuran waktu guru belum menggunakan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep waktu, baik yang disajikan dalam jam analog maupun dalam bentuk jam digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran jam analog dan jam digital untuk meningkatkan pemahaman konsep pengukuran waktu peserta didik kelas II A SD Strada Bina Mulia I Jakarta Barat. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan media jam analog dan jam digital dan teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan pemahaman konsep pengukuran waktu melalui penggunaan media jam analog dan jam digital. Sehingga disarankan bagi sekolah hendaknya memfasilitasi guru dalam menggunakan media jam analog dan jam digital agar guru lebih inovatif dan kreatif dalam mengajar sehingga peserta didik mampu memahami konsep pengukuran waktu.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)