Media sangat dibutuhkan di berbagai kalangan terutama dalam dunia pendidikan. Salah satu media pembelajaran yang dapat menyenangkan siswa sesuai dengan karakter pada umumnya adalah bernyanyi terutama untuk siswa kelas dua. Kriteria lagu edukatif menurut Purwanto (2011) adalah lagu bersifat mudah, kata yang digunakan sederhana, kantong ilmu, dan dapat memotivasi serta efektif dan efisien. Lagu edukatif ini dapat bekerja dengan memperhatikan beberapa langkah dalam penggunaan medianya (Djohan 2010) yaitu mendengar, memperhatikan, memahami,dan mengingat yaitu dapat melatih siswa mengingat apa yang telah dilakukan dan dipelajarinya. Pada penelitian ini, peneliti melihat persepsi mahasiswa mengenai salah satu lagu edukatif untuk siswa kelas 2 SD melalui youtube dan hasilnya adalah didapatkan rtabel dengan taraf signifikansi yaitu 5% sebesar 0,2845. Penelitian ini memiliki reliabilitas yaitu 0,947. Hasil dari tiap komponen yaitu, lagu bersifat mudah menunjukkan 93%, pada komponen pemilihan kata yang sederhana dan mudah diulang menunjukkan bahwa 53%, pada komponen lagu berisi kantong ilmu menunjukkan bahwa 94%, pada komponen indah makna serta efektif dan efisien menunjukkan bahwa 83% menyatakan bahwa lagu ini dapat menarik perhatian siswa, dan pada komponen lagu edukatif menunjukkan bahwa 90% dapat membuat area penting otak menjadi aktif. Komponen terbanyak terdapat pada komponen kantong ilmu sebesar 94% |