Anda belum login :: 22 Aug 2025 04:30 WIB
Detail
BukuPeran Guru dalam Menangani Bullying Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa SH di SD Strada Bhakti Wiyata I Bekasi
Bibliografi
Author: Prasita, Cicilia Caren ; Chori, Magdalena (Advisor)
Topik: Bullying; Peran guru
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Guru memiliki peran yang sangat penting di dalam lingkungan pendidikan salah satunya dalam menangani tindakan bullying di sekolah. Bullying adalah ancaman atau serangan yang dilakukan terhadap orang lain. Bullying terdiri dari bullying fisik, bullying verbal dan bullying relasi sosial. Bullying sangat berdampak pada psikologis anak seperti lebih memilih untuk menyendiri baik di sekolah maupun di rumah. Dari hasil observasi yang dilakukan sebelum terjadinya Covid 19 peneliti mendapatkan seorang anak berinisial SH yang menjadi korban bullying, akibatnya SH menjadi suka berimajinasi sendiri, bengong sendiri dan suka makan-makanin pulpen maupun tutup pulpen. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peran guru dalam menangani bullying. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah korban bullying, orangtua korban, guru kelas V A, V B, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru selalu memberikan contoh perkataan dan perilaku yang sopan dan santun, memberikan informasi mengenai bahaya tindak kekerasan, membantu siswa dalam memecahkan masalah, memberikan bimbingan konseling dan arahan ketika pelaku dan korban menyimpang dari peraturan, memberikan penilaian kepada pelaku dan korban terhadap hasil belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)