Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM merupakan salah satu sarana bagi guru untuk mengembangkan keterampilan abad 21 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM untuk siswa kelas IV SD dengan materi energi alternatif untuk mata pelajaran IPA dan materi pecahan untuk mata pelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan langkah pengembangan Dick and Carey. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara terstruktur yang dianalisis dengan cara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengembangan dilakukan melalui kegiatan analisis kebutuhan guru kelas IV SD, analisis instruksional dengan melakukan pemetaan kompetensi terkait dengan materi pelajaran yang akan dikembangkan, identifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, menulis Tujuan Instruksional Khusus, menyusun alat penilaian hasil belajar, mengembangkan strategi pembelajaran berupa RPP, LKS, dan penilaian, evaluasi formatif dan uji coba dengan guru dan siswa kelas IV SD. Strategi pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti sudah dikatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Saran yang dapat diberikan adalah guru harus lebih inovatif dan kreatif dalam mengembangkan strategi pembelajaran khususnya dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM |