Anda belum login :: 22 Apr 2025 19:45 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Penggunaan Media Bopermat dan Rak Telur Rainbow Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Dasar Perkalian Kelas II SDK Sang Timur, Tomang
Bibliografi
Author:
Simanullang, Bitman
(Advisor);
Siburian, Sri Devi
Topik:
Hasil Belajar
;
Media Bopermat dan Rak Telur Rainbow
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
SRI DEVI SIBURIAN_Abstract Of Undergraduate Thesis_2020.pdf
(535.16KB;
19 download
)
2015035044_SRI DEVI SIBURIAN_LembarAdministrasi.pdf
(276.77KB;
2 download
)
Abstract
Belajar dapat diartikan sebagai perubahan tingkah laku yang ada pada diri peserta didik yang bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam proses belajar guru membutuhkan media sebagai sumber belajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Media pembelajaran merupakan sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan dan menyampaikan pesan atau informasi sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Hasil belajar merupakan tingkat keberhasilan peserta didik dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah. Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh positif antara penggunaan media pembelajaran “Bopermat” dan “Rak Telur Rainbow” terhadap hasil belajar matematika pada materi operasi hitung dasar perkalian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental Design. Sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas II B dan II C yang masing-masing kelas memiliki 31 peserta didik. Teknik pengumpulan dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest setelah dilakukan validasi Cronbach’s Alpha 0,837. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 20, berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengalami kenaikan skor posttest 27,9 dan kelompok kontrol mengalami kenaikan skor posttest sebanyak 22,3. Dengan menggunakan media “Bopermat” dan “Rak Telur Rainbow” dapat terlihat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen. Hal ini terlihat dari hasil analisis yang didapatkan, yaitu harga ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 58 yaitu 1,671, dan hasil analisis thitung menggunakan Uji Independent Sampel t-test adalah 5,238. Hasil ini menunjukan bahwa thitung > ttabel, maka disimpulkan Ha diterima yang menyatakan terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran Bopermat dan Rak Telur Rainbow terhadap hasil belajar matematika pada materi operasi hitung dasar perkalian.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)