Pelaksanaan pembelajaran daring merupakan kegiatan proses belajar mengajar yang menggunakan internet sebagai sistem untuk menghubungkan satu dengan lainnya dengan menggunakan fitur-fitur pembelajaran yang tersedia. Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan dengan melihat kondisi atau keadaan, pembelajaran jarak jauh (distance learning), penggunaan sistem atau fitur elektronik pembelajaran (e- learning). Pada keadaan yang saat ini sedang terjadi, Kemendikbud bersama dengan Keputusan Bersama Empat Kementerian tentang panduan penyelenggara pembelajaran mengumumkan penyusunan tahun ajaran dan tahun akademik baru di masa pandemi Covid-19 dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan berbagai teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya pada semester genap tahun ajaran 2019-2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan responden penelitian yaitu mahasiswa Pendidikan Guru SD Unika Atma Jaya Jakarta tahun ajaran 2016-2019. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan instrumen berupa kuesioner kepada mahasiswa aktif Pendidikan Guru SD Unika Atma Jaya Jakarta. Variabel pelaksanaan pembelajaran daring diukur melalui tiga aspek pembelajaran, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran yang terdapat pada kuesioner dengan 41 item pertanyaan. Berdasarkan deskriptif data, hasil penelitian yang diperoleh peneliti di dalam perencanaan pembelajaran terdapat 37,2% mahasiswa responden yang menyatakan rata-rata perencanaan pembelajaran daring pada mata kuliah yang diikuti sudah berjalan dengan baik dan menunjukkan bahwa belum semua perencanaan pembelajaran daring pada setiap mata kuliah yang diikuti ter laksanakan dengan baik, dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat 49,7% mahasiswa responden yang menyatakan rata-rata pelaksanaan pembelajaran daring pada mata kuliah yang diikuti sudah berjalan dengan baik dan menunjukkan bahwa belum semua kegiatan pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah yang diikuti ter laksanakan dengan baik, kemudian dalam penilaian pembelajaran sebagian besar mahasiswa berpendapat penugasan merupakan penilaian yang sering dilakukan oleh dosen dalam kegiatan pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan pembelajaran daring di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unika Atma Jaya Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019-2020 belum diterapkan oleh semua mata kuliah yang diikuti oleh mahasiswa responden dan rata-rata pelaksanaan pembelajaran daring sudah berjalan dengan baik. |