Anda belum login :: 01 May 2025 05:56 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak Pada Pembelajaran Jarak Jauh Kelas V Sdn Tegal Alur 02
Bibliografi
Author:
Rahmawati, M. Chori
(Advisor);
Gerneng, Reska Jessycha
Topik:
Bimbingan Orang Tua
;
Tanggung Jawab siswa
;
Pembelajaran Jarak Jauh
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Reska Jessycha Gerneng_Undergraduated_2020.pdf
(2.2MB;
34 download
)
2016035067_Reska Jessycha Gerneng_Lembar Administrasi.pdf
(499.14KB;
11 download
)
Abstract
Berdasarkan permasalahan yang terjadi selama proses pembelajaran jarak jauh bahwa terdapat orang tua dari peserta didik yang kurang memberikan bimbingan belajar terhadap anaknya, kurang memotivasi anak, dan kurang melakukan bimbingan belajar sehingga anak kurang bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Peranan dari wali murid atau orang tua sangat dibutuhkan dalam menumbuhkan rasa ingin belajar atau tanggung jawab belajar pada anak baik yang di laksanakan di sekolah maupun di rumah. Melalui komunikasi dua arah wali murid dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak dalam kehidupan sehari-hari. Rasa tanggung jawab tersebut dapat muncul jika adanya respon dan arahan dari lingkungan sekitarnya , baik itu dari pihak keluarga atau pihak lainnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini berdasarkan rumusan masalah di atas untuk memberikan bukti dari adanya pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan bimbingan belajar orang tua terhadap tanggung jawab belajar peserta didik Pengaruh yang diberikan oleh bimbingan belajar orang tua (X) terhadap tanggung jawab belajar peserta didik (Y) ditentukan oleh koefisien ??2 atau 20%. Hal ini berarti bahwa meningkat/menurunnya tanggung jawab dalam belajar ditentukan oleh bimbingan belajar orang tua sebesar 20%. Sedangkan sisanya 80% ditentukan oleh perubahan lain yang juga berpengaruh terhadap tanggung jawab belajar peserta didik. Saran bagi orangtua seharusnya memotivasi dan membimbing anak dalam usaha yang dilakukan anak untuk meraih prestasi dan memberikan suasana yang nyaman di rumah sehingga anak merasa senang belajar di rumah dalam kondisi pembelajaran jarak jauh.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.140625 second(s)