Proses kegiatan belajar mengajar tidak lepas dari peran pendidik di sekolah. Guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tidak hanya dari kemampuan menguasai materi pelajaran, startegi dan metode belajar, tetapi guru diharapkan dapat menciptakan kondisi ruang kelas yang menyenangkan. Maka dari itu pembelajaran dapat berjalan dengan kondusif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas yang diterapkan oleh guru lulusan Atma Jaya angakatan 2014 dan 2015. Penelitian kualitatif deskriptif adalah jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pengelolaan kelas yang diterapkan oleh guru lulusan Atma Jaya angkatan 2014 dan 2015 dalam menciptakan iklim belajar, mengatur ruang belajar, serta mengelola kegiatan belajar mengajar sudah diterapkan, tetapi ada beberapa guru dari tiga kegiatan inti pengelolaan kelas yang tidak diterapkan. Hal ini terjadi karena kurangnya kreatifitas dan keterampilan guru dalam mengelola kelas dalam menciptakan iklim belajar, mengatur ruang belajar dan mengelola kegiatan belajar mengajar. Faktor yang mengakibatkan kurangnya keterampilan guru dalam mengelola kelas adalah pemahaman yang harus dikuasai dan dipelajari mahasiswa pada mata perkuliahan keterampilan dasar proses pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut disarankan agar guru dapat menerapkan semua yang termasuk dalam pengelolaan kelas. |