Minat baca adalah suatu perhatian yang kuat dan mendalam disertai dengan perasaan tertarik dan senang terhadap kegiatan membaca segingga mengarah anak untuk membaca atas kemauannya sendiri. Hasil belajar merupakan sesuatu yang didapat setelah siswa mengalami proses pembelajaran. Hasil belajar sebagai salah satu bukti dari keberhasilan seseorang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil belajar di kelas yang baik tentu atas kerjasama guru dan siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk melihat gambaran minat membaca dan hasil belajar PKn kelas V Sekolah Dasar Strada Santa Maria Tangerang Kota. Subjek pada penelitian adalah kelas V A yang berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan angket untuk mendapat data minat membaca berdasarkan skala likert dan pemberian tes untuk mendapatkan data hasil belajar. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan software IMB SPSS Statistic 20.0. dalam pengolahan data yang dilakukan peneliti melakukan pengujian uji validitas dan reabilitas, hasil dari gambaran minat membaca untuk nilai rendah 52,5%, nilai sedang 42,5%, dan nilai tinggi 5%. dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan untuk skore rendah 7,5%, skor sedang 60%, dan tinggi 32,5%. tujuan untuk melihat bentuk dari proses minat membaca siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. sekolah dan guru dapat memotivasi minat membaca siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. |