Anda belum login :: 12 Jun 2025 17:39 WIB
Detail
BukuGambaran Persepsi Siswa SMA Strada Santo Thomas Aquino Tangerang Terhadap Fungsi dan Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling
Bibliografi
Author: Purwanti, Margaretha (Advisor); Ocktaviani, Maria
Topik: Persepsi Siswa; Fungsi dan Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling; Siswa SMA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Maria Ocktaviani_Undergraduate Thesis_2020.pdf (735.67KB; 29 download)
Abstract
Layanan bimbingan dan konseling merupakan sarana yang diberikan sekolah untuk membantu siswa dalam bidang akademik dan mengoptimalkan tugas perkembangan yang dimiliki. Namun, saat ini siswa SMA cenderung memiliki minat yang rendah terhadap layanan bimbingan dan konseling. Pendapat siswa secara umum terkait layanan bimbingan dan konseling adalah berkaitan dengan siswa bermasalah. Hal tersebut terjadi pada SMA Strada Santo Thomas Aquino, yang menjadi tempat penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran persepsi siswa terhadap fungsi dan jenis layanan bimbingan dan konseling di SMA Strada Santo Thomas Aquino Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibuat oleh peneliti yaitu Kuesioner Persepsi Siswa Terhadap Fungsi dan Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling (PSFJLBK). Kuesioner PSFJLBK terdiri dari 49 item yang terdiri dari 2 (dua) dimensi yaitu fungsi dan jenis layanan bimbingan dan konseling. Peneliti menggunakan metode convenience sampling dengan karakteristik siswa usia remaja 15–17 tahun dan siswa SMA Strada Santo Thomas Aquino Tangerang yang duduk di bangku kelas X sampai XII peminatan IPA dan IPS. Kuesioner disebarkan secara online dengan bantuan dari pihak sekolah. Data yang terkumpul sebanyak 205 partisipan. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi siswa terhadap fungsi dan jenis layanan bimbingan dan konseling berada di bawah rata-rata (M = 58.39 dan 115.32). Hasil ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap fungsi dan jenis layanan bimbingan dan konseling belum sesuai dengan fungsi dan jenis layanan bimbingan dan konseling yang harusnya dipahami siswa. Hal ini diduga karena informasi yang diterima siswa tentang fungsi dan jenis layanan bimbingan dan konseling belum memadai.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.3125 second(s)